Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Menulis Laporan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar

Putri, Yonanda (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Menulis Laporan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YONANDA_PUTRI_18176_1152_2014.pdf] Text
final_B1_YONANDA_PUTRI_18176_1152_2014.pdf

Download (917kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterampilan menulis laporan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis laporan tanpa menggunakan model pembelajaran Group Investigation siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar dan, (3) menganalisis pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap keterampilan menulis laporan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) keterampilan menulis laporan, (2) model pembelajaran Group Investigation dan, (3) penerapan model pembelajaran Group Investigation. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian ini adalah skor hasil tes akhir keterampilan menulis laporan menggunakan model pembelajaran Group Investigation siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar. Skor hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis laporan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,15. Kedua, keterampilan menulis laporan tanpa menggunakan model pembelajaran Group Investigation siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 69,55. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini disebabkan thitung> ttabel. Hal ini berarti terdapat kefeektifan yang signifikan dari perlakuan yang diterapkan kepada sampel penelitian. Untuk taraf nyata ( ) 0,05 dan dk = 42, th yang diperoleh, yaitu 4,24 sedangkan tt yang didapatkan, yaitu 1,68. Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran Group Investigation dalam keterampilan menulis laporan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:15
Last Modified: 28 Oct 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27923

Actions (login required)

View Item
View Item