Yusmanila, Yusmanila (2011) Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Modul Fisika Kontekstual pada Materi Fluida dalam Pembelajaran Fisika di SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YUSMANILA-84128-2011.pdf [thumbnail of final_B1_YUSMANILA-84128-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_YUSMANILA-84128-2011.pdf
Download (4MB)
Abstract
Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap
sulit oleh siswa. Siswa menganggap fisika sulit karena banyaknya
rumus dan istilah yang harus dihapal atau dalam arti lain fisika itu
masih abstrak bagi mereka sehingga menyebabkan hasil belajar
mereka rendah. Untuk melatih dan meningkatkan keterampilan serta
pemahaman siswa, diperlukan pengembangan bahan ajar yang sesuai
dengan kurikulum dan karakteristik peserta didik. Dalam KTSP
(Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) disarankan suatu pendekatan
dalam pembelajaran, yaitu pendekatan kontekstual/ Contextual
Teaching and Learning (CTL). Salah satu cara untuk memudahkan
siswa memahami fisika adalah dengan membuat bahan ajar dalam
bentuk modul kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan
bahan ajar berbentuk modul fisika kontekstual pada materi fluida.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan
pengembangan (research and development / r&d). Desain yang
digunakan adalah desain eksperimen sebelum perlakuan dan sesudah
perlakuan. Uji coba penggunaan modul kontekstual dilakukan di kelas
XI IA Granada MA Perguruan Islam Arrisalah. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian adalah lembaran penilaian validitas pakar,
tes hasil belajar, dan angket siswa. Data yang didapat dianalisis
menggunakan metoda grafik, statistik deskriptif, dan uji-t.
Hasil analisis data validasi modul kontekstual memiliki nilai
rata-rata 3,75, artinya modul Kontekstual yang dibuat memiliki
validitas baik. Hasil analisis data angket siswa dan guru didapatkan
nilai rata-rata 77,90 dan 76, artinya modul kontekstual yang dibuat
memiliki kepraktisan baik. Berdasarkan hasil uji-t berkorelasi,
diperoleh nilai t hitung 6,97 dan t tabel 1,73 sehingga 0 H ditolak. Dengan
demikian, penggunaan modul fisika kontekstual efektif dalam
pembelajaran fisika.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:10 | 
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:37 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27919 | 
 
         