Yusmaina, Yusmaina (2011) PeningkatanKeterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 01 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YUSMAINA_09653_4530_2011.pdf
Download (162kB)
Abstract
membaca pemahaman siswa masih rendah, siswa belum
mampu menjawab pertanyaan tentang isi bacaan dan belum mampu mementukan
gagasan utama, penyebabnya adalah guru belum optimal membimbing siswa saat
pembelajaran membaca pemahaman. Permasalahan yang akan diteliti adalah
bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan
menggunakan Pendekatan Group Investigation (GI) Di Kelas IV SDN 01 Bandar
Buat Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan Pendekatan
Group Investigation (GI) Di Kelas IV SDN 01 Bandar Buat Kota Padang pada
tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca.
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah
20 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus.
Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan lembar penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Group
Investigation (GI) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa
kelas IV. Hal ini tercermin dari: 1) Tahap prabaca, siswa mampu mengamati
gambar, Tanya jawab tentang gambar, dan membuat perencanaan bersama
kelompok. 2) Tahap saatbaca, siswa mampu membaca dan memahami isi teks,
menemukan kalimat utama pada tiap paragraf, menuliskan hasil diskusi
kelompok, pembagian kerja dalam melaporkan hasil diskusi kelompok, dan
melaporkan hasil diskusi kelompok. 3) Tahap pascabaca, siswa mampu
melakukan evaluasi pembelajarannya. Hasil yang dicapai dari 20 orang siswa
pada siklus I pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca secara klasikal masih
dikategorikan belum berhasil yaitu 61,66% dan pada siklus II dilakukan
perbaikan, hasil yang dicapai pada prabaca, saatbaca, dan pascabaca secara
klasikal menjadi lebih baik yaitu 91,66 dengan kategori sangat baik. Proses
pembelajaran membaca pemahaman meningkat dengan menggunakan Pendekatan
Group Investigation (GI). Siswa sudah mampu menjawab pertanyaan dengan
benar dan dapat menentukan gagasan utama dari bacaan dengan tepat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:09 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:36 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27916 |
