Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SD Negeri 03 Suayan Kabupaten Lima Puluh Kota

Rizkia, Yus Aci (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SD Negeri 03 Suayan Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUS ACI RIZKIA_93707_2011.pdf] Text
final_B1_YUS ACI RIZKIA_93707_2011.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil kenyataan yang penulis amati di SDN 03
Suayan ditemui permasalahan bahwa proses pembelajaran IPS di kelas IV
kebanyakan masih mengunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan
pengetahuan kepada siswa secara pasif. Guru kurang mengaitkan pengalaman siswa
dengan pembelajaran yang sedang dipelajarinya, kemudian guru kurang memberikan
kesempatan kepada siswa utuk mengungkapkan gagasan dengan bahasa sendiri
sehingga pembelajaran menjadi tidak kondusif. Ditambah belum pernah
menggunakan pendekatan konstruktivis. Permasalahan pembelajaran tersebut
berdampak rendahnya nilai belajar IPS siswa oleh karena itu dilakukanlah penelitian
ini yang bertujuan untuk meningkat hasil belajar IPS siswa pada kelas IV SDN 03
Suayan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis
(PTK), Penelitian dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Data ini didapat melalui observasi, tes, pencatatan lapangan
dan wawancara, dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, soal dan
catatan lepas.
Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa
pada pembelajaran IPS, dengan menggunakan pendekatan Konstruktivis, hal ini dapat
dilihat, baik dari kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dari 87%
mencapai tingkat peningkatan 94%, aktivitas guru dari 75% mengalami peningkatan
94%, aktivitas siswa dari 68% mengalami peningkatan menjadi 87%. Dan dari
ketuntasan hasil belajar siswa sebelum menggunakan pendekatan Konstruktivis
adalah 47%, setelah diadakan tindakan siklus I pertemuan I terjadi peningkatan yaitu
53%, dan pada siklus I pertemuan II masih terjadi peningkatan yaitu 65% dan pada
Siklus II pertemuan I adalah 82% . Dengan demikian, dapat disimpukan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan
hasil belajar siswa IPS siswa kelas VI SDN 03 Suayan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:09
Last Modified: 28 Oct 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27909

Actions (login required)

View Item
View Item