Yurneli, Yurneli (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Konstruktivis di Kelas V SD Negeri 02 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YURNELI_88145_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan ditemukan, bahwa hasil belajar IPA
di kelas V SDN 02 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi kurang memuaskan.
Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang berlangsung adalah proses
menghafal informasi atau pentransferan pengetahuan dari guru atau buku teks
kepada siswa. Hal ini mengakibatkan mengalami kesulitan memahami konsepkonsep
IPA. Salah satu cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan
menggunakan pendekatan konstruktivis. Proses pembelajaran IPA menggunakan
pendekatan konstruktivis adalah bagaimana siswa membangun pengetahuannya
sendiri melalui pengaktifan pengetahuan yang sudah ada, pemerolehan
pengetahuan baru, pemahaman pengetahuan, penerapan pengetahuan dan refleksi.
Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah, “Bagaimana peningkatan hasil
pembelajaran IPA menggunakan pendekatan konstruktivis di kelas V SD Negeri
02 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi”?
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
pada pembelajaran IPA melalui pendekatan konstruktivis pada siswa kelas V SD
Negeri 02 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi tahun ajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua
siklus dan dilakukan secara kolaboratif. Data diperoleh dari subjek terteliti yakni
siswa kelas V SD Negeri 02 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi beserta
guru kelas dan teman sejawat. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis
menggunakan model analisis data kualitatif yakni analisis data yang dimulai
dengan menelaah sejak pengumpulan data sampai seluruh data terkumpul. Hasil
penelitian ini juga berbentuk angka dan bilangan yang diolah menggunakan data
kuantitatif.
Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan hasil belajar siswa dari
sebelum tindakan ketuntasan belajar siswa 44,4% dengan rata-rata 65,1. Setelah
tindakan dilakukan dari siklus I sampai siklus II melalui perbaikan pada proses
pembelajaran mencapai tingkat ketuntasan 88,9% dengna nilai rata-rata 82,6.
Dengan demikian, dapat disimpulkan pembelajaran IPA dengan menggunakan
pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil
belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:09 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:34 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27907 |
