Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Peta Tematik dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD 14 Gunung Sarik

Yurmawati, Yurmawati (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Peta Tematik dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD 14 Gunung Sarik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YURMAWATI_90455_3734_2011.pdf] Text
final_B1_YURMAWATI_90455_3734_2011.pdf

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di sekolah bahwa dalam
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri
No. 14 Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang, guru masih bersifat
konvensional yang menyebabkan peserta didik bosan dan kurang aktif dalam
proses pembelajaran, oleh sebab itu guru dalam pembelajaran IPS diharapkan
mampu mengembangkan kecerdasan siswa secara optimal melalui media
pembelajaran yang tepat, menarik dan memotivasi belajar peserta didik. Metode
dan strategi atau pendekatan serta sumber belajar yang beragam untuk
tercapainya tujuan pembelajaran IPS, sehingga pembelajaran yang tercipta
bersifat aktif dan menyenangkan salah satunya melalui media yaitu Media Peta
Tematik, Media Peta Tematik dapat mengimplementasikan secara komunikatif
dan menarik perhatian minat peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah peneliltian tindakan kelas. Pendekatan
yang digunakan pendekatan kualitatif dan kuntitatif. Subjek dalam penelitian
tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD N 14 Gunung Sarik Kecamatan
Kuranji Kota Padang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi,
wawancara, pencatatan lapangan dan hasil tes.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media
peta tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I yaitu
didapatkan nilai rata-rata siswa adalah 6,10 secara klasikal siswa mencapai
tingkat ketuntasan 69 %, meningkat pada siklus II menjadi 7,33 dan secara
klasikal siswa telah mencapai tingkat ketuntasan 92 %. Dari hasil penelitian
yang peneliti lakukan, maka kepada guru dapat menjadikan media peta tematik
untuk memotivasi dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:09
Last Modified: 28 Oct 2025 02:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27906

Actions (login required)

View Item
View Item