Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP N 8 Padang

Irwandi, Ade (2014) Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP N 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ADE_ IRWANDI_14599_1145_2014.pdf] Text
final_B1_ADE_ IRWANDI_14599_1145_2014.pdf

Download (359kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan
menulis narasi ekspositoris sebelum menggunakan metode discovery berbasis
media audiovisual siswa kelas VII SMP N 8 Padang. Kedua, mendeskripsikan
keterampilan menulis narasi ekspositoris sesudah menggunakan
metode
discovery berbasis media audiovisual siswa kelas VII SMP N 8 Padang. Ketiga,
mendeskripsikan pengaruh metode discovery berbasis media audiovisual terhadap
keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP N 8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen semu (quasi eksperiment). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas
VII.G yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini adalah skor hasil tes
keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII.G SMP Negeri 8 Padang
sebelum dan sesudah menggunakan metode discovery berbasis media audiovisual.
Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk
menganalisis pengaruh penggunaan metode discovery berbasis media audiovisual
terhadap keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII.G SMP Negeri
8 Padang.
Hasil penelitian ini didapatkan tiga hal sebagai berikut. Pertama,
keterampilan menulis narasi ekspositoris sebelum menggunakan metode discovery
berbasis media audiovisual siswa kelas VII SMP N 8 Padang berada pada
kualifikasi lebih dari cukup (Ldc) dengan rata-rata 73,05. Kedua, keterampilan
menulis narasi ekspositoris sesudah menggunakan metode discovery berbasis
media audiovisual berada pada kualifikasi baik sekali (Bs) dengan rata-rata 91,80.
Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,84 >1,70.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
discovery berbasis media audiovisual berpengaruh secara signifikan terhadap
keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII.G SMP Negeri 8
Padang. Dengan kata lain, keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas
VII.G SMP Negeri 8 Padang setelah penerapan metode discovery berbasis media
audiovisual lebih baik daripada sebelum penerapan metode discovery berbasis
media audiovisual.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:09
Last Modified: 28 Oct 2025 02:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27901

Actions (login required)

View Item
View Item