Penggunaan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten.

Sofiyenti, Riya (2011) Penggunaan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIYA_SOFI_YENTI_93522_2011.pdf] Text
final_B1_RIYA_SOFI_YENTI_93522_2011.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran sering
didominasi oleh guru sehingga hasil belajar IPA siswa belum sesuai dengan yang
diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan
pendekatan konstruktivisme. Pendekatan konstruktivisme menekankan kepada
membangun pengetahuan pada siswa berdasarkan pengetahuan dan
pengalamannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
IPA di kelas IV SDN 41 Sangkir Kec. Lubuk Basung Kab. Agam. Pengumpulan
data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan lembar pengamatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action
research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang
dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data
penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari
hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA tentang
perubahan lingkungan di kelas IV SDN 41 Sangkir Kecamatan Lubuk Basung
Kabupaten Agam, Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti.
Hasil penilaian penelitian terhadap hasil belajar aspek kognitif siklus I
diperoleh 55,16% dan siklus II diperoleh 82,75%. Pada aspek afektif siklus I
diperoleh 72,39% dan siklus II diperoleh 82,79%. Pada aspek psikomotor siklus I
diperoleh73,48% dan siklus II diperoleh 82,79%. Dengan demikian dapat
disimpulkan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:07
Last Modified: 28 Oct 2025 02:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27886

Actions (login required)

View Item
View Item