Putra, Nanda Perdana (2019) Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Conceptual Understanding Procedures (CUPS) Terhadap Kompetensi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 3 LENGAYANG. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_05_Nanda_Perdana_Putra_1106320_793_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pencapaian kompetensi peserta didik pada mata pelajaran IPA belum menunjukkan
hasil yang optimal karena peserta didik belum terbiasa untuk menemukan, mencari, dan
memecahkansendiri konsep-konsep yang dipelajari melainkan hanya mendengarkan dan
menuliskan apa yang disampaikan oleh guru. Guru lebih sering menyampaikan materi
pembelajaran dengan metoda ceramah dibandingkan melakukan kegiatan praktikum di
laboratorium. Selain itu, peserta didik masih bergantung pada apa yang disampaikan oleh
guru dan rendahnya minat atau kemauan dari peserta didik untuk membaca juga dapat
menyebabkan rendahnya kompetensi peserta didik. Kegiatan penilaian yang masih menitik
beratkan pada penilaian akhir saja harus diubah menjadi penilaian autentik, dimana penilaian
autentik menilai mulai dari persiapan, proses, dan hasil akhir dari kegiatan pembelajaran.
Oleh sebab itu, peneliti memilih menggunakan model Conceptual Understanding
Procedures (CUPS) dengan penilaian autentik untuk dapat meningkatkan kompetensi peserta
didik. Penelitian ini dibatasi pada materi kalor dan energi yang bertujuan untuk menyelidiki
pengaruh penerapan model CUPS terhadap peningkatan kompetensi peserta didik kelas VII
SMPN 3 Lengayang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasy Eksperiment Research dengan
rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta
didik kelas VII SMPN 3 Lengayang yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran
2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data
kompetensi pengetahuan diperoleh melalui tes tertulis, Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.
Hasil penelitian diperoleh bahwa data kompetensi pengetahuan, rata-rata kelas
eksperimen 78,36 lebih tinggi daripada kelas kontrol 70,26. Data tersebut terdistribusi
normal dan variansnya homogen maka dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji-t,
diperoleh thitung=2,378 dan ttabel=2,019. Dapat disimpulkan bahwa penerapan LKS berbasis
model CUPS dengan memberikan pengaruh terhadap peningkatan pencapaian kompetensi
IPA peserta didik kelas VII SMPN 3 Lengayang pada ketiga kompetensi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penerapan LKS |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:07 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27883 |
