Penggunaaan Metode Bermain Peran untuk Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang

Megawati, Yurita (2011) Penggunaaan Metode Bermain Peran untuk Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YURITA_MEGAWATI_07693_2011.pdf] Text
final_B1_YURITA_MEGAWATI_07693_2011.pdf

Download (246kB)

Abstract

Kondisi pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) khususnya Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) pada saat ini masih banyak menggunakan model belajar konvensional (metode
Ceramah). Pada pembelajaran, siswa hanya menjadi objek, sehingga kurang mendorong
potensi yang dimiliki siswa untuk berkembang. Pembelajaran IPS dengan penggunaan
metode bermain peran di kelas V SD sangat baik untuk diterapkan. Hal tersebut
bertujuan agar siswa mampu memerankan sesuatu ke depan kelas, mempunyai sikap
menghargai orang lain, kreatif, belajar memecahkan suatu masalah tertentu serta
mamppu bergaul dalam lingkungan kelompok maupun kehidupan sosial.
Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kemampuan
bermain peran siswa kelas V SD Negeri 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Kota Padang
masih rendah, penyebabnya adalah metode ini jarang digunakan dalam pembelajaran
IPS dan di SD tersebut masih banyak menggunakan metode konvensional ( metode
ceramah, Tanya jawab ). Atas dasar tersebut maka penulis mengadakan penelitian pada
bidang studi IPS dengan menggunakan metode bermain peran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa
dalam pembelajaran dengan menggunakan bermain peran. Hal ini ditunjukkan dengan
peningkatan hasil berupa nilai yang didapat siswa, yaitu nilai pada siklus I berdasarkan
dari penilaian hasil dengan rata‐rata adalah siklus I pertemuan I 6,7 dan siklus II 7,28.
Sedangkan nilai pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan
yaitu pada pertemuan I 8,2 dan pada pertemuan II 8,64. Pada tahap perencanaan
pembelajaran, kemampuan guru merancang perencanaan pembelajaran semakin
meningkat. Hal ini tercermin dari (1) rencana pembelajaran telah mencakup hal‐hal yang
menjadi dasar penyusunan perencanaan, (2) rencana pembelajaran disusun berdasarkan
kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan memperhatikan minat dan kebutuhan
siswa, (3) rencana pembelajaran telah memuat tugas‐tugas pembelajaran secara jelas
dan rinci yang mendukung pencapain tujuan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:07
Last Modified: 28 Oct 2025 02:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27882

Actions (login required)

View Item
View Item