Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 16 Tanjung Aur Kecamatan Koto Tangah

Yurisa, Yurisa (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 16 Tanjung Aur Kecamatan Koto Tangah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YURISA_12117_1379_2014.pdf] Text
final_B1_YURISA_12117_1379_2014.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of final_B1_YURISA_07628_2604_2011.pdf] Text
final_B1_YURISA_07628_2604_2011.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran IPA sering
didominasi oleh guru, sehingga hasil belajar IPA siswa belum sesuai dengan yang
diharapkan. Tujuan Penilitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV
SDN 16 Tanjung Aur Kecamatan Koto Tangah. Pengumpulan data dilaksanakan dengan
refleksi, wawancara dan lembar pengamatan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas IV SD terteliti dan teman sejawat sebagai observer. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Agar hasil belajar siswa meningkat salah satu metode yang digunakan adalah metode
eksperimen. Metode eksperimen adalah metode mengajar dengan cara penyajian
pembelajaran dimana siswa melakukan percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya,
serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil percobaan itu disampaikan di kelas dan
di evaluasi oleh guru. Adapun langkah-langkah menggunakan metode eksperimen adalah
menjelaskan tujuan dari eksperimen, menyebutkan alat dan bahan untuk eksperimen,
menjelaskan tahap-tahap kegiatan eksperimen yang dilakukan, mengamati percobaan dan
mencatat hasil percobaan sesuai LKS, menyimpulkan hasil percobaan.
Hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat
meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 16 Tanjung Aur Kecamatan Koto
Tangah. Dari hasil belajar pada siklus I aspek kognitif diperoleh rata-rata 6,7, dari aspek
afektif diperoleh nilai rata-rata 69,2%, dan aspek psikomotor diperoleh rata-rata 73,19%.
Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dimana dapat dilihat dari
aspek kognitif diperoleh rata-rata 7,15%, dari aspek afektif diperoleh nilai 71,4%, dan aspek
psikomotor dengan nilai 73,23%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:07
Last Modified: 28 Oct 2025 02:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27881

Actions (login required)

View Item
View Item