Pengaruh Tugas Rumah Berupa Teka-Teki Silang (TTS) Mengawali Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester I SMPN 25 Padang

Ocktaria, Meta (2011) Pengaruh Tugas Rumah Berupa Teka-Teki Silang (TTS) Mengawali Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester I SMPN 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_META OCKTARIA-730033-2011.pdf] Text
final_B1_META OCKTARIA-730033-2011.pdf

Download (443kB)

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah yang masih terpusat pada guru
mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan rendahnya hasil belajar siswa dalam
mata pelajaran Biologi. Rendahnya hasil belajar siswa dihadapi juga oleh guru
Biologi di SMPN 25 Padang yaitu rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti
pembelajaran di kelas. Banyak upaya yang dapat dilakukan guru agar siswa dapat
aktif dalam proses pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik,
antara lain dengan cara menerapkan tugas rumah berupa Teka-teki Silang (TTS)
mengawali pembelajaran kooperatif tipe Time Token. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh tugas rumah berupa Teka-teki Silang (TTS) mengawali
pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar biologi siswa
kelas VIII semester I SMPN 25 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian Randomized control group posttest only design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 25 Padang yang terdaftar pada semester I
tahun pelajaran 2010/2011 yang tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh
kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Data
dianalisis dengan menggunakan uji t dengan kriteria bila thitung > ttabel hipotesis
diterima dan sebaliknya.
Dari analisis data, didapatkan thitung adalah 4,06 dan ttabel adalah 1,67
dengan demikian thitung > ttabel. Ini berarti H1 diterima pada tingkat kepercayaan
95% (α = 0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan tugas rumah berupa
Teka-teki Silang (TTS) mengawali pembelajaran kooperatif tipe Time Token
berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas
VIII semester I SMPN 25 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:07
Last Modified: 28 Oct 2025 02:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27879

Actions (login required)

View Item
View Item