Yurisa, Yurisa (2014) Pengaruh Teknik Numbered Head Together (NHT) terhadap Keterampilan Membaca Apresiatif Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YURISA_07628_2604_2011.pdf
Download (196kB)
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
teknik Numbered Head Together (NHT) terhadap keterampilan membaca
apresiatif cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Pariaman. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca
apresiatif cerpen. Kedua, teknik Numbered Head Together (NHT).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen. Desain penelitian ini adalah randomized control-group only design
karena menggunakan dua kelompok subjek, yaitu kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan
membaca apresiatif cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Pariaman dengan teknik
NHT (X1) dan keterampilan membaca apresiatif cerpen siswa kelas IX SMP
Negeri 4 Pariaman tanpa teknik NHT (X2). Sampel dalam penelitian terdiri dari
dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah
64 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sample. Data
dalam penelitian ini adalah skor yang diperoleh dari hasil tes keterampilan
membaca apresiatif cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Pariaman dengan teknik
NHT dan tanpa teknik NHT. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan
menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh teknik
NHT terhadap keterampilan membaca apresiatif cerpen siswa kelas IX SMP
Negeri 4 Pariaman.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal
berikut. Pertama, keterampilan membaca apresiatif cerpen siswa kelas IX SMP
Negeri 4 Pariaman dengan teknik NHT berada pada kualifikasi Baik (B) dengan
nilai rata-rata 76,25. Kedua, keterampilan membaca apresiatif cerpen siswa kelas
IX SMP Negeri 4 Pariaman tanpa teknik NHT berada pada kualifikasi Cukup (C)
dengan nilai rata-rata 61,98. Ketiga, berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa
hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajat
kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 karena thitung lebih besar dari ttabel (4,54 > 1,70).
Dengan kata lain, terdapat pengaruh teknik NHT yang signifikan terhadap
keterampilan membaca apresiatif cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Pariaman.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:07 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27876 |
