Ananda, Oki Surya (2008) Persepsi Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan terhadap Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_OKI SURYA ANANDA 47981-04-08.pdf
Download (77kB)
Abstract
Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) merupakankegiatan pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap danketerampilan dalam melaksanakan pendidikan prajabatan keguruan. Oleh karenaitu, perlu kiranya diperoleh persepsi mahasiswa Program Studi TeknologiPendidikan yang ikut PPLK Semester Juli-Desember TA 2007/2008 terhadappelaksanaan PPLK itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahbagaimana persepsi mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan yang ikutPPLK Semester Juli-Desember TA 2007/2008 terhadap pelaksanaan programpengalaman lapangan Kependidikan (PPLK). Sebagai pertanyaan penelitian yaitu: Bagaimana persepsi mahasiswa Prodi TP terhadap 1) penempatan PPLK bagimahasiswa TP? 2) dosen pembimbing PPLK? 3) guru pamong PPLK? 4)keterampilan mengajar dalam PPLK yang dilihat dari segi : a) Praktek LapanganKependidikan 1 (micro teaching) b) Praktek Lapangan Kependidikan 2 (sekolahlatihan)Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifatdeskriptif, karena mengungkap suatu masalah dari keadaan sebenarnya. Maksuddari penelitian penulis ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang PersepsiMahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Terhadap Pelaksanaan ProgramPengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK). Populasi dan sampel dalampenelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan yang ikutPPLK Semester Juli-Desember 2007 TA 2007/2008. Teknik pengumpulan dataadalah angket, dan teknik analisis data menggunakan teknik persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penempatan PPLK dinilai baiknamun perlu diperhatikan lagi dalam hal waktu dan tempat PPLK. Untuk dosenpembimbing PPLK dipersepsikan cukup baik tetapi untuk tugas dan tanggungjawab dosen pembimbing serta komunikasi antara dosen pebimbing dengan gurupamong dan mahasiswa praktek perlu ditingkatkan. Sama halnya dengan dosenpembimbing PPLK, guru pamong PPLK juga dipersepsikan cukup baik, namundalam hal kriteria guru pamong PPLK perlu diperhatikan lagi. Untukketerampilan mengajar dalam PPLK dinilai cukup baik namun pada item latihanmengajar terbimbing dan latihan mengajar mandiri perlu ditingkatkan lagi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | TEKNOLOGI PENDIDIKAN, TEKNOLOGI PENDIDIKAN |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:06 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:06 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27874 |
