Rahmadani, Ade Fitri (2011) Kontribusi Sarana Prasarana dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan pada Mata Pelajaran Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Peripheral di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ADE_FITRI_RAHMADANI_76598_3216_2011.pdf
Download (262kB)
Abstract
Pokok permasalahan penelitian ini adalah hasil belajar pada mata pelajaran
Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Peripheral yang diperoleh
siswa dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. KKM yang
ditetapkan untuk mata pelajaran Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC
dan Peripheral di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang adalah 7,00 dengan rentang
nilai (0 - 10). Kenyataan dilapangan bahwa 60% siswa memperoleh nilai < 7,00
dan 40% siswa memperoleh nilai ≥ 7,00. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan kontribusi sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar mata Pelajaran Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian Pc Dan
Peripheral di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Populasi penelitian adalah siswa
kelas X jurusan teknik komputer jaringan yang berjumlah 105 orang. Sampel
penelitian sebanyak 53 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik
randoom sampling. Instrumen kuesioner dianalisis dengan menggunakan program
SPSS (statistic product and service solution) versi 16.0. hasil pengolahan data
didapatkan (1) Hipotesis pertama, hasil analisis uji-t didapat thitung sebesar 6,233
sedangkan ttabel sebesar 2,008 dengan df = n – 2 pada taraf signifikansi 0,05
dengan ketentuan thitung > ttabel, berarti terdapat kontribusi yang signifikansi antar
variabel dengan r2 (r Square) sebesar 0,432. (2) Hipotesis kedua, hasil analisis uji
t didapat thitung sebesar 5,975 sedangkan ttabel sebesar 2,008 dengan df = n – 2 pada
taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan thitung > ttabel, berarti terdapat kontribusi
yang signifikansi antar variabel dengan r2 (r Square) sebesar 0,412. (3) Hipotesis
ketiga, dari analisis diperoleh Fhitung sebesar 23,677 sedangkan Ftabel sebesar 3,179
dengan df 2(n-k-1), pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan Fhitung > Ftabel,
berarti terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel dengan R2 (R Square)
sebesar 0,486. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan
teruju kebenarannya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:06 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:06 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27872 |
