Pengaruh LKS Terintegrasi Nilai Karakter dalam Model ICARE terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMPN 35 Padang

Fajri, Najmiatul (2016) Pengaruh LKS Terintegrasi Nilai Karakter dalam Model ICARE terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMPN 35 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NAJMIATUL_FAJRI_1201430_1201430_2016.pdf] Text
B1_05_NAJMIATUL_FAJRI_1201430_1201430_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kompetensi siswa terdiri dari pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Kompetensi ini diharapkan tercapai setelah pembelajaran. Kenyataannya,
pencapaian kompetensi belum optimal. Salah satu penyebabnya adalah
kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Solusi dari masalah ini menggunakan
LKS terintegrasi nilai karakter dalam model ICARE yang diharapkan mampu
menimbulkan motivasi belajar serta perubahan sikap siswa ke arah yang lebih
baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS
terintegrasi nilai karakter dalam model ICARE terhadap kompetensi IPA siswa
kelas VII SMPN 35 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan
Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah semua
siswa kelas VII SMPN 35 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2015/2016.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data
penelitian terdiri dari pengetahuan, sikap spiritual, sikap sosial dan keterampilan.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Chi kuadrat pada taraf
nyata 0,05 dan derajat kebebasan satu.
Berdasarkan analisis data diperoleh kompetensi IPA siswa pada aspek
pengetahuan, sikap spiritual, sikap sosial, dan aspek keterampilan pada kelas
eksperimen masing-masing 75,3, 82,5, 78,3 dan 74,8 lebih tinggi dari kelas
kontrol yaitu 71,6, 75,4, 73,6 dan 68,8. Hasil uji Chi Khuadrat didapatkan
koefisien kontingensi C untuk aspek pengetahuan, sikap spiritual, sosial dan
keterampilan masing-masing 0,26, 0,25, 0,25 dan 0,27 sehingga dapat
disimpulkan bahwa penggunaan LKS terintegrasi nilai karakter dalam model
ICARE memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi IPA siswa kelas
VII SMPN 35 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh LKS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:06
Last Modified: 28 Oct 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27868

Actions (login required)

View Item
View Item