Yulisia, Yona (2011) Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 1 Sungai Limau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YONA_YULISIA_77262_2817_2011.pdf
Download (284kB)
Abstract
Pendekatan CTL merupakan pendekatan yang dapat membantu guru mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi nyata siswa, sehingga guru dapat mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui perbedaan hasil belajar antara penerapan metoda CTL dengan metoda konvensional dalam mata pelajaran seni budaya, pada pokok bahasan musik tradisional nusantara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Limau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sampai dengan XI IPA3 SMAN 1 Sungai Limau yang terdaftar tahun ajaran 2010/2011. Sedangkan teknik dalam penentuan sampel adalah Random Sampling sehingga diperoleh XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Setelah dilakukan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh t pada batas kriteria yang ditetapkan yaitu, t < 1,67 sehingga Ho ditolak atau hipotesis diterima. Penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan CTL adalah 72,5 dan pada kelas kontrol dengan menggunakan metoda konvensional adalah 65., sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan CTL lebih signifikan daripada hasil belajar konvensional.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING), MATA PELAJARAN SENI BUDAYA |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:05 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:26 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27859 |
