Nasrun, Yunnasty (2010) Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 9 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YUNNASTY NASRUN-77388-2011.pdf
Download (397kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN 9 Padang, hasil
belajar matematika siswa masih rendah, hal ini terbukti dari masih banyaknya
siswa yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan. Salah satu
penyebabnya dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan masih terpusat pada
guru, sehingga siswa cenderung pasif dan kurang berpartisipasi dalam proses
pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini peneliti mencoba menerapkan Model
Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan
model pembelajaran aktif tipe Everyone is a Techer Here. Hipotesis yang
dikemukakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas
VIII SMPN 9 Padang yang mengikuti model pembelajaran aktif tipe ETH lebih
baik dari pada hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 9 Padang yang
menggunakan pembelajaran konvensional. Pertanyaan penelitian adalah
Bagaimana aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika yang diajar
dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe ETH pada siswa kelas VIII
SMPN 9 Padang tahun pelajaran 2010/2011?
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan
Randomized Control Group Only Design untuk melihat hasil belajar dan
penelitian deskriptif untuk melihat aktivitas siswa. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMPN 9 Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah
Kelas VIII6 dengan 36 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII5
dengan 35 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui lembar
observasi dan tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata tes akhir kelas
eksperimen adalah 78,28 dan kelas kontrol adalah 73,03. Dari segi ketuntasan
belajar siswa secara individu, pada kelas eksperimen nilai siswa di atas Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah yaitu 60,00 sebanyak 94,2,% dan kelas
kontrol sebanyak 82,8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika
siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipeEveryone is
a Teacher Here lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model
pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi dan
deskripsi data diperoleh bahwa secara umum aktivitas siswa meningkat pada
setiap pertemuan
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:05 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27858 |
