Rotua P, Yunita (2011) Hubungan Sikap Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Pembelajaran IPS Terpadu di SMP N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YUNITA_ROTUA_P_84503_5538_2011.pdf
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan
mendesrkipsikan serta meninjau bagaimana hubungan sikap belajar dan motivasi
belajar siswa terhadap hasil pembelajaran IPS Terpadu .
Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Korelasional. Populasi
dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Padang yang
berjumlah 175 siswa. Sampel di tarik secara proposional random sampling
menjadi 87 siswa. Istrumen untuk pengumpulan data adalah data yang di analisis
yang menggunakan angket yang tergabung dengan statistik Deskriptif
Korelasional.
Berdasarkan analisis data, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1)
Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif
antar sikap belajar siswa dengan hasil pembelajaran IPS Terpadu sebesar 6,20% ,
(2) Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan
positif antara motivasi belajar siswa terhadap hasil pembelajaran IPS Terpadu
sebesar 12,70% , (3) Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan sikap
belajar dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil
pembelajaran IPS Terpadu sebesar 12,70%, (4) Penelitian ini membuktikan bahwa
F hitung (6.131) lebih besar dari pada F tabel (3.960), dan dapat disimpulkan
bahwa koefisien korelasi ganda dalam penelitian ini adalah signifikan
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:05 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:22 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27855 |
