Anggraini, Putri (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS kelas VII Di SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_PUTRI_ANGGRAINI_15004094_3450_2019.pdf [thumbnail of B1_01_PUTRI_ANGGRAINI_15004094_3450_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_PUTRI_ANGGRAINI_15004094_3450_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pengembangan multimedia interaktif dengan menggunakan aplikasi Autoplay
Media Studio pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP merupakan salah satu upaya
mengatasi kurangnya media belajar pada mata pelajaran IPS yang masih berfokus pada
guru, guru hanya menerangkan pembelajaran berbantuan buku paket dan LKS sehingga
siswa merasa bosan dan tidak adanya interaksi dari siswa dapat. Multimedia ini dilengkapi
dengan alat pengontrol, audio, video, gambar, dan teks. Penelitian pengembangan
multimedia intiraktif ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif pada
mata pelajaran IPS sebagai alat atau media yang sesuai dengan kriteria kelayakan media
dan materi.
Jenis penelitian adalah model pengembangan Borg & Gall, disederhanakan
menjadi 5 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi
Produk, (4) Uji Coba, dan (5) Produk Akhir. Uji validitas produk dilakukan oleh dua orang
validator yang terdiri dari satu orang ahli materi dan satu orang ahli media, kemudian uji
praktikalitas dilakukan oleh siswa dan siswi kelas VII di SMPN 34 Padang. Subjek uji
praktikalitas diambil sebanyak 31 orang siswa untuk menguji kepraktisan produk
multimedia interaktif yang dirancang menggunakan aplikasi Autoplay Media Studio.
Berdasarkan hasil peniaian kelayakan oleh validator materi dan media, hasil
penilaian oleh satu orang ahli materi dikategorikan “Sangat Sesuai” untuk digunakan
dengan rata-rata penilaian ahli materi yaitu 4.57. Hasil validasi penilaian dari ahli media
dikategorikan “Sangat Layak” untuk digunakan dengan rata-rata penilaian ahli media
yaitu 4.87. Selanjutnya, hasil analisis berdasarkan uji coba untuk praktikalitas produk
multimedia interaktif berada pada kategori “Sangat Praktis” digunakan dengan rata-rata
penilaian keseluruhan yaitu 4.59. Jadi, berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas
dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif menggunakan aplikasi Autoplay
Media Studio telah Baik dan Praktis untuk dapat digunakan pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Mata Pelajaran IPS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 07:34 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 07:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2785 |