Pengaruh Tugas Rumah Berupa Ringkasan dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Semester I SMAN 1 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2010/2011

Permai, Yoli Yonarnis (2011) Pengaruh Tugas Rumah Berupa Ringkasan dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Semester I SMAN 1 Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YOLI_YONARNIS_PERMAI_77444_273_2011.pdf] Text
final_B1_YOLI_YONARNIS_PERMAI_77444_273_2011.pdf

Download (119kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah kurangnya motivasi belajar siswa sehingga siswa sering pasif dalam pembelajaran. Tugas meringkas dalam model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) diharapkan dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran biologi. Dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tugas rumah berupa ringkasan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X semester I SMAN 1 Koto XI Tarusan tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan. Sampel penelitian ini diolah secara statistik dengan bantuan software minitab 14 untuk melihat apakah sampel terdistribusi normal dan homogen, kemudian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan teknik Random Sampling. Dari hasil penarikan sampel didapatkan kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan kriteria bila thitung > ttabel hipotesis diterima. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh thitung yaitu 3,48. Bila dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,67 maka thitung > ttabel . Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengaruh tugas rumah berupa ringkasan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa di SMAN 1 Koto XI Tarusan tahun pelajaran 2010/2011

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION, HASIL BELAJAR BIOLOGI
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:03
Last Modified: 28 Oct 2025 02:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27847

Actions (login required)

View Item
View Item