Nuryasni, Nuryasni (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembalajaran IPS dengan Penggunaan Pendekatan Cooperatif Learning tipe StudentTiem Achiemen Divisions (STAD) di kelas V SDN 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NURYASNI_09491_2662_2011.pdf
Download (205kB)
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah karena dalam pembelajaran IPSmasih banyak guru yang menggunakan metode ceramah, tanya jawab danmenghafal fakta yanga ada. Maka pengembangan aspek kognitif,afektif danpsikomotor siswa masih kurang berkembang dengan baik. Sehingga berdampakpada hasil belajar siswa masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 64,70.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan,pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir, dansalah satu persyaratan memperoleh S1. Penelitian ini dilakukan denganmenggunakan pendekatan cooperatif learning tipe STAD,untuk meningkatkanhasil belajar siswa di kelas V SDN 20 Indarung Padang.Pendekatan pembelajaran cooperatif learning tipe STAD. Menurut NurAsma (2008:51) kegiatan pembelajaran terdiri dari 6 tahap yaitu : 1) penyajianmateri, 2) kegiatan belajar kelompok, 3) pemeriksaan hasil belajar kelompok, 4)mengerjakan tes individu, 5) pemeriksaan hasil tes, 6) penghargaan kelompok.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sabjek dalam penelitian iniadalah siswa dan guru kelas V SDN 20 Indarung Padang. Data penelitiandiperoleh dengan menggunakan pencatatan lapangan, observasi, dan tes.Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penilaian initerlihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STADdari penilaian tindakan siklus I rata-rata nilai siswa 67,70% diakhir siklus IImeningkat menjadi 82,33% dengan ketuntasan 90% dan aspek afektif siklus Idengan rata-rata 80,7, siklus II 91,0, aspek psikomotor siklus I 77,8, dan siklus II83,0. Pendekatan pembelajaran koopratif tipe STAD dapat meningkatkan hasilbelajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dari hasil penelitianyang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalampembelajaran IPS dikelas V SDN 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan KotaPdang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 00:49 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 00:49 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27809 |
