Pengaruh Penggunaan Handout Berorientasi Pembelajaran Terpadu Tipe Integrated Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 31 Padang

Indra, Albinuz Deka (2016) Pengaruh Penggunaan Handout Berorientasi Pembelajaran Terpadu Tipe Integrated Terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ALBINUZ_DEKA_INDRA_1205633_4115_2016.pdf] Text
B1_05_ALBINUZ_DEKA_INDRA_1205633_4115_2016.pdf

Download (13MB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya pencapaian kompetensi IPA peserta didik yaitu kurangnya penggunaan bahan ajar ber esensi keterpaduan materi yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Keterpaduan materi ini akan memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik, sehingga dapat menambah kekuatan menerima, menyimpan, dan menerapkan konsep materi yang diajarkan. Adapun alternatif solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dibutuhkan bahan ajar yang memuat keterpaduan materi dengan berorientasi pembelajaran terpadu. Tujuan penelitian untuk menyelidiki pengaruh penggunaan bahan ajar handout berorientasi pembelajaran terpadu tipe integrated terhadap pencapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VII SMPN 31 Padang.
Jenis penelitian ini Quasi Experiment dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian peserta didik kelas VII SMPN 31 Padang yang terdaftar pada semester genap Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian adalah pencapaian kompetensi IPA peserta didik. Pencapaian kompetensi dinilai secara holistik, atau tidak terpisahkan. Dalam penelitian ini, kompetensi sikap diukur menggunakan lembar observasi, kompetensi pengetahuan menggunakan tes tertulis dan kompetensi keterampilan diukur menggunakan penilaian portofolio. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas
Berdasarkan analisis data, didapatkan data penilaian kompetensi peserta didik pada tiga kompetensi. Pertama, pada kompetensi sikap pencapaian kompetensi peserta didik kelas eksperimen 76,96 lebih tinggi dibandingkan rata-rata pencapaian kompetensi peserta didik kelas kontrol 73,74, didapat nilai t`hitung = 1,94 < t`tabel = 2,04. Kompetensi pengetahuan diperoleh rata-rata pencapaian kompetensi peserta didik kelas eksperimen 65,60 lebih rendah dibandingkan pencapaian kompetensi peserta didik kelas kontrol dengan rata-rata 66,51. Berdasarkan statistik uji t`, didapat t`hitung = 0,28 < t`tabel = 2,04. Pada kompetensi keterampilan didapatkan rata-rata pencapaian kompetensi peserta didik kelas eksperimen 83,87, lebih tinggi dibandingkan rata-rata pencapaian kompetensi peserta didik kelas kontrol 79,23, didapat nilai t`hitung = -1,89 < t`tabel = 2,04. Berdasarkan kurva penerimaan dan penolakan Ho didapatkan nilai t`hitung untuk semua kompetensi berada pada daerah penolakan Hi, dengan kata lain bahwa H0 yang diterima. Jadi dapat disimpulkan hasil penelitian yang dilakukan pada taraf kepercayaan 95 % bahwasanya tidak terdapat pengaruh penggunaan handout berorientasi pembelajaran terpadu tipe integrated terhadap pencapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VII SMPN 31 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Handout Berorientasi Pembelajaran Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 27 Oct 2025 00:49
Last Modified: 27 Oct 2025 00:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27806

Actions (login required)

View Item
View Item