Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Melalui Monitoring Pemakaian Energi Listrik melalui AMR (Automatic Meter Reading) dengan Metode SERVQUAL di PT.PLN (Persero) Area Padang

Rahma, Aira Lailatul (2018) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Melalui Monitoring Pemakaian Energi Listrik melalui AMR (Automatic Meter Reading) dengan Metode SERVQUAL di PT.PLN (Persero) Area Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_AIRA_LAILATUL_RAHMA_14076007_4306_2018.pdf] Text
B1_05_AIRA_LAILATUL_RAHMA_14076007_4306_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

PT.PLN (Perser) area Padang merupakan salah satu contoh layanan Lembaga yang menyediakan AMR (Automatic Meter Reading) didalamnya, yang berfungsi untuk membantu pengguna dalam pencatatan kWh secara otomatis sehingga tidak terjadi lagi kerugian yang dialami oleh PLN.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan AMR (Automatic Meter Reading) yang telah diterapkan di PT.PLN (Persero) Area Padang. Serta untuk mengetahui kontribusi tangibles, reliabillity, responsivenness, communication, understanding the costumers, dan access pengguna sebagai bagian dari metode SERVQUAL terhadap kepuasan AMR (Automatic Meter Reading) di PT.PLN (Persero) area Padang. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisa pengaruh pengguna layanan sistem informasi terhadap tingkat kepuasan penggunaan, dalam hal ini menggunakan metode Service Quality. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang dikhususkan kepada pengguna AMR (Automatic Meter Reading) sebagai end-user dari AMR (Automatic Meter Reading) di PT .PLN (Persero) Area Padang tersebut. Hasil analisis data menunjukkan ; variabel Tangibles, Reliabillity, Responsivenness, Communication, Understanding teh Costumers, dan Access secara bersama, sama berpengaruh yang signifikan sebesar 82% terhadap kepuasan pengguna AMR (Automatic Meter Reading) di PT.PLN (Persero) area Padang, hasil ini didapatkan dari pengujian hipotesis dari masing-masing variabel. Jadi dapat disimpulkan faktor tangibles, reliabillity, responsivenness, communication, understanding teh costumers, dan access memiliki kontribusi terhadap kepuasan pengguna AMR (Automatic Meter Reading) di PT.PLN (Persero) area Padang, apabila kualitas dilihat dari aplikasi sistem informasi layanan publikasi data online dari ke enam faktor tangibles, reliabillity, responsivenness, communication, understanding teh costumers, dan access ditingkatkan, maka kepuasan pengguna akhir juga akan meningkat

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan Pengguna Monitoring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 27 Oct 2025 00:46
Last Modified: 27 Oct 2025 00:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27799

Actions (login required)

View Item
View Item