Peningkatan Aktivitas dan Keterampilan Siswa Menggunakan Komputer melalui Pemberian Tugas Penyusunan Langkah Kerja dalam Pembelajaran KKPI di SMK Adi Karya Ranah Pesisir

Yusmianto, Rino (2009) Peningkatan Aktivitas dan Keterampilan Siswa Menggunakan Komputer melalui Pemberian Tugas Penyusunan Langkah Kerja dalam Pembelajaran KKPI di SMK Adi Karya Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RINO_YUSMIANTO_71125_2009.pdf] Text
final_B1_RINO_YUSMIANTO_71125_2009.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa aktitivitas dan keterampilan siswa menggunakan komputer dalam pembelajaran KKPI sangat rendah. Data awal yang penulis ambil sebelum penelitian menunjukkan bahwa
kurang dari 25 % siswa yang tergolong aktif dan kurang dari 25% siswa yang tergolong terampil dalam menggunakan komputer. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan selama ini belum efektif karena guru
terlalu dominan sebagai penyaji informasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan
keterampilan menggunakan komputer. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Adi Karya Ranah Pesisir yang terdiri dari 19 orang pada semester genap tahun pelajaran 2008/2009.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas dan keterampilan siswa menggunakan komputer. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan disajikan dalam bentuk tabel dan
grafik. Hasil yang diperoleh dengan penerapan pemberian tugas penyusunan langkah kerja dalam pembelajaran KKPI adalah terjadinya peningkatan aktivitas belajar dan keterampilan siswa menggunakan komputer. Hal ini, dapat dilihat dari perkembangan rata–rata aktivitas belajar, siswa yang tergolong aktif dari 28,95% pada siklus I, kemudian 47,37%, pada siklus II dan menjadi 84,21% pada siklus
III. Demikian pula perkembangan keterampilan siswa menggunakan komputer yaitu pada siklus I siswa yang tergolong terampil 15,79%, pada siklus II 44,74 %
dan pada siklus III 78,95 %. Dengan demikian indikator keberhasilan klasikal yang dipatok pada angka 75% untuk kedua variabel telah tercapai. Hal ini disebabkan dengan pemberian tugas penyusunan langkah kerja, siswa terkondisi
untuk aktif dalam interaksi baik dengan sesama siswa maupun dengan guru dan dapat mengembangkan keterampilannya menggunakan komputer karena mereka telah memahami langkah kerjanya berdasarkan tugas yang mereka susun dan
demonstrasi oleh guru melalui proyektor digital.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 27 Oct 2025 00:45
Last Modified: 27 Oct 2025 00:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27790

Actions (login required)

View Item
View Item