Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang

Alirawati, Yunita (2011) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Mind Mapping Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUNITA ALIRAWATI-86289-2011.pdf] Text
final_B1_YUNITA ALIRAWATI-86289-2011.pdf

Download (255kB)

Abstract

Dalam pembelajaran siswa perlu terlibat secara aktif dalam mengkontruksi
pengetahuan. Dengan ini diharapkan hasil belajar siswa akan lebih baik. Namun,
kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini
disebabkan karena masih rendahnya aktivitas belajar siswa. LKS dengan Mind
Mapping merupakan bahan ajar yang dapat mendorong keterlibatan siswa dalam
proses pembelajaran sehingga meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan LKS berbasis Mind Mapping dalam
pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang.
Hipotesis kerja dalam penelitian adalah terdapat pengaruh penggunaan LKS berbasis
Mind Mapping dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII
SMPN 18 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental
Research) dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua siswa pada kelas VIII SMP Negeri 18 Padang yang
terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Kelas sampel ditentukan melalui teknik
Cluster Sampling. Melalui teknik ini didapatkan kelas VIII3 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif.
Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah
kognitif dan ranah afektif.
Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan dua hasil penelitian ini. Pertama,
nilai rata-rata siswa menggunakan LKS dengan Mind Mapping pada ranah kognitif
68,76 dan pada ranah afektif 79,40. Kedua, penggunaan LKS berbasis Mind
Mapping memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar Fisika siswa baik
pada ranah kognitif maupun pada ranah afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:56
Last Modified: 24 Oct 2025 09:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27780

Actions (login required)

View Item
View Item