Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Teknik Pemodelan Siswa Kelas X.4 SMA Negeri 5 Padang

Hendri, Yemi (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Teknik Pemodelan Siswa Kelas X.4 SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YEMI_HENDRI_76986_5232_2011.pdf] Text
final_B1_YEMI_HENDRI_76986_5232_2011.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan
menulis cerpen dengan penerapan teknik pemodelan pada siswa kelas X.4 SMA
Negeri 5 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 5
Padang yang berjumlah 30 orang. Data penelitian diperoleh melalui unjuk kerja
untuk melihat keterampilan menulis cerpen siswa. Data yang sudah terkumpul
dianalisis dengan analisis observasi, analisis catatan lapangan, analisis angket,
dan analisis hasil lapangan.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan, dapat ditarik simpulan sebagai
berikut. Pertama, teknik pemodelan dalam pembelajaran menulis cerpen ternyata sangat
baik diterapkan dalam PBM. Hal tersebut, terlihat dalam aktivitas siswa selama PBM
berlangsung. Aktivitas siswa tersebut terdiri atas perhatian siswa terhadap berbagai
aktifitas PBM, keaktifan siswa dalam diskusi kelompok, keaktifan siswa dalam bertanya
dan mengemukakan pertanyaan dan pendapat, Dengan demikian, berdampak positif pada
peningkatan keterampilan menulis cerpen. Kedua, teknik pemodelan dapat
meningkatakan sikap dan perilaku positif siswa dalam PBM serta prestasi siswa dalam
menulis cerpen. Ketiga, teknik pemodelan dapat meningkatkan keterampilan menulis
cerpen siswa kelas X.4 SMA Negeri 5 Padang. Peningkatan ini dapat dilihat pada nilai
rata-rata tes prasiklus 59,67, nilai rata-rata siklus 1 adalah 69,33, dan nilai rata-rata siklus
2 adalah 84,00. Keempat, setelah dilakukan pengujian dengan uji t, ternyata peningkatan
keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.4 SMA Negeri 5 Padang adalah signifikan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:56
Last Modified: 24 Oct 2025 09:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27779

Actions (login required)

View Item
View Item