Sartika, Ade (2011) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Modul pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMPN 29 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ADE_SARTIKA_82784_2010.pdf
Download (205kB)
Abstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI & K ulangan harian ke dua 
semester I tahun pembelajaran 2009/2010 hanya memperoleh nilai di bawah 
KKM yaitu 48. Oleh sebab itu penulis mencoba memperbaiki proses dan hasil 
pembelajaran dengan tindakan kelas melalui Media Modul. Penelitian ini 
bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata 
pelajaran TI & K di kelas VIII1 SMP N 29 Padang. 
Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian 
adalah siswa kelas VIII1 yang berjumlah sebanyak 36 orang siswa terdiri dari 20 
orang perempuan dan 16 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan 
menggunakan observasi dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis 
dengan menggunakan analisis persentase dan mean score. 
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas yang dilakukan oleh 
siswa.  Pada siklus I, dari 7 aktivitas 4 aktivitas sudah dilakukan oleh 16 orang 
siswa, Pada siklus II terdapat peningkatan, dari 7 aktivitas 6 aktivitas sudah 
dilakukan oleh 24 orang siswa, dua aktivitas sudah meningkat. Peningkatan 
aktivitas ini juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini 
dikarenakan dalam pelaksanaan penelitian diterapkan pembagian kelompok, 
berusaha mencari pengalaman baru bagi siswa, berpikir kritis, diskusi. Jadi dapat 
disimpulkan bahwa dengan penggunaan media modul dapat meningkatkan 
aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran T I & K di kelas VIII1 SMPN 
29 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 09:55 | 
| Last Modified: | 24 Oct 2025 09:55 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27767 | 
         