Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Pendekatan Bermain di SDN 11 Lapai Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman

Alfita, Yelni (2011) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Pendekatan Bermain di SDN 11 Lapai Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YELNI_ALFITA_95626_2011.pdf] Text
final_B1_YELNI_ALFITA_95626_2011.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar Negeri 11 Lapai
Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman tentang PBM pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan melalui pendekatan bermain. Pelaksanaan PBM
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar/MI harus dilakukan
dengan pendekatan bermain. Siswa akan berusaha untuk mempelajari gerak-gerak
dasar yang belum pernah dilakukan dengan rasa gembira dan senang. Jika
dihubungkan antara kutipan di atas dengan kodrat anak-anak, sangat jelas bahwa
ketika masa anak-anak setiap anak sangat membutuhkan bermain sebagai
kebutuhan utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana
pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
(Penjasorkes) melalui pendekatan di Sekolah Dasar Negeri 11 Lapai Kecamatan
Pariaman Tengah Kota Pariaman.
Penelitian ini tergolong kepada jenis penelitian deskriptif yaitu
bertujuan untuk mengungkapkan tentang pelaksanaan pembelajaran pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan (Penjasorkes) melalui pendekatan bermain di
Sekolah Dasar Negeri 11 Lapai Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman.
Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling
yaitu dengan menunjuk populasi kelas IV sampai dengan kelas V sebanyak 30
orang.
Dari 30 orang responden maka dapat diperoleh kesimpulan mengenai
Perhatian Sekolah Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan Melalui Pendekatan Bermain yang disimpulkan sebesar
61,78 %, dan dapat dikategorikan kurang. Kesimpulan mengenai Perhatian Guru
Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Melalui Pendekatan Bermain yang disimpulkan sebesar 62,50 %, dan dapat
dikategorikan kurang. Selanjutnya kesimpulan mengenai Minat Siswa Terhadap
Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui
Pendekatan Bermain yang disimpulkan sebesar 83,33 %, dan dapat dikategorikan
Baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:54
Last Modified: 24 Oct 2025 09:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27766

Actions (login required)

View Item
View Item