Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII.3 SMP Negeri 6 Kota Solok

Yuniswarni, Yuniswarni (2009) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII.3 SMP Negeri 6 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YUNISWARNI-69607-2009.pdf] Text
final_B1_YUNISWARNI-69607-2009.pdf

Download (157kB)

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K semester ganjil tahun
pelajaran 2008/2009 memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 70, oleh sebab itu
penulis mencoba melakukan penelitian tindakan kelas melalui penggunaan
metode tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa di kelas VIII.3 SMPN 6 Solok.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas, dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII.3 yang berjumlah sebanyak 24 orang siswa
terdiri dari 13 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Data penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk
melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 serta melalui
pemberian tes untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian siklus 1 (satu) dari 9 aktivitas yang diamati
rata-rata siswa sudah aktif melakukan aktivitas, tetapi pada aktivitas menarik
kesimpulan tidak terjadi peningkatan. Hasil tes siswa pada siklus 1 ini diperoleh
rata-rata 75,4 dengan persentase ketuntasan 66,7%, sedangkan yang diharapkan
dalam penelitian ini rata-rata ketuntasan minimal 70%. Untuk itu penelitian
dilanjutkan ke siklus 2. Pada siklus 2, dari 9 aktivitas yang diamati rata-rata siswa
sudah aktif melakukan kegiatan, diperoleh rata-rata aktivitas siswa 81%. Hal ini
juga diikuti dengan meningkatnya hasil tes siswa dari 75,4 menjadi 77,5 dengan
persentase ketuntasan 83,3%. Ini menunjukkan bahwa indikator telah tercapai.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode
tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII.3
SMP Negeri 6 Kota Solok tahun pelajaran 2008/2009

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:54
Last Modified: 24 Oct 2025 09:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27763

Actions (login required)

View Item
View Item