Yelmawati, Yelmawati (2011) Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Musik di SMA Negeri 1 Pancung Soal Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YELMAWATI_77298_1161_2011.pdf
Download (336kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar
dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 pada mata pelajaran seni musik di SMA
Negeri 1 Pancung Soal Pesisir Selatan.
Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasional. Yang menjadi sampel pada
penelitian ini adalah kelas XI IPS1 sebanyak 33 siswa. Dalam penelitian ini
terdapat dua variabel yaitu motivasi belajar sebagai variabel bebas (X), yang
diperoleh melalui penyebaran angket/kuisioner kepada siswa kelas XI IPS1 SMA
Negeri 1 Pancung Soal, dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y), hasil belajar
atau rapor siswa sebagai responden penelitian, penyusunan instrument
menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan teknik deskriptif
prosentase. Kemudian teknik analisis, selanjutnya adalah dengan scoring untuk
menetukan scoring, pertayaan setiap item mempuyai bobot nilai tertentu untuk
setiap jawabannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang berarti
antara mata pelajaran seni musik di SMA Negeri I Pancung Soal Pesisir Selatan.
Pada taraf signifikan 0,05. Dari hasil analisis variabel X dan Y didapat nilai
rhohitung sebesar 0,58 sedangkan rhotabel 0,355 pada taraf signifikan 0,05. Maka, H1
diterima artinya terdapat hubungan yang sedang dan cukup berarti antara motivasi
dengan hasil pelalajaran Seni Musik SMA Negeri I Pancung Soal Pesisir Selatan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 09:54 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 09:54 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27761 |
