Hubungan Hasil Belajar Program Pengalaman Lapangan Kependidikan dengan Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidika Kesejahteraan Keluarga FT UNP

Putri, Yola Novia (2012) Hubungan Hasil Belajar Program Pengalaman Lapangan Kependidikan dengan Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidika Kesejahteraan Keluarga FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YOLA_NOVIA_PUTRI_74248_989_2012.pdf] Text
final_B1_YOLA_NOVIA_PUTRI_74248_989_2012.pdf

Download (308kB)

Abstract

Berdasarkan data hasil observasi, terungkap bahwa hasil belajar Program Pengalaman Lapangan Kependidikan Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga sudah baik dan diatas rata-rata. Namun, minat menjadi guru pada mahasiswa tersebut masih kurang. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan hasil belajar program pengalaman lapangan kependidikan mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, (2) mendeskripsikan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, (3) mengungkap hubungan antara hasil belajar program pengalaman lapangan kependidikan dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga angkatan 2006 yang berjumlah 36 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu keseluruhan dari populasi, dengan teknik total sampling.Data variabel hasil belajar dikumpulkan dari bagian Unit Program Pengalaman Lapangan (UPPL), dan data variabel minat menjadi guru dikumpulkan melalui koesioner yang menggunakan skala Likert dengan empat pilihan yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik analisis korelasi product moment menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPPS) Versi 13.0 Hasil analisis terungkap bahwa:(1) Hasil belajar PPLK mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga terletak pada kategori tinggi yaitu 30,6%, (2) minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga terletak pada kategori sedang yaitu 44,44% (3) Terdapatnya hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar PPLK dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, dengan koefisien korelasi yaitu sebesar 0,412. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Hasil Belajar Program Pengalaman Lapangan Kependidikan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan kesejahteraan Keluarga FT UNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN PENDIDIKAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:53
Last Modified: 24 Oct 2025 09:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27757

Actions (login required)

View Item
View Item