Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Kementerian Agama Kota Padang pada Seksi Pelayanan Haji

Feri, Ade Sukma (2011) Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Kementerian Agama Kota Padang pada Seksi Pelayanan Haji. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ADE_SUKMA_FERI_62811_1806_2011.pdf] Text
final_B1_ADE_SUKMA_FERI_62811_1806_2011.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Pegawai Negeri
Sipil (PNS) di Kantor Kementerian Agama Kota Padang pada seksi
pelayanan haji. Batasan masalah difokuskan kepada kinerja pegawai dalam
aspek tanggung jawab dan disiplin kerja serta upaya-upaya yang dilakukan
dalam meningkatkan kinerja pegawai dalam pelaksanaan pelayanan publik
khususnya pelayanan haji.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif yang bertujuan menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan
suatu keadaan atau peristiwa sebagaimana adanya. Lokasi penelitian di
Kantor Kementerian Agama Kota Padang pada seksi pelayanan haji.
Informan penelitian ditentukan dengan teknik purpose sampling dan yang
menjadi informannya adalah Kasubag TU, Kepala Analisis TU, Kasi
Pelayanan Haji serta pegawai seksi pelayanan haji. Jenis dan sumber data
adalah data primer dan data sekunder. Data diambil dari alat pengumpulan
data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi
serta menguji keabsahan data dengan teknik triangulasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai dilihat dari aspek
disiplin dan tanggung jawab kerja pegawai di Kantor Kementerian Agama
Kota Padang pada seksi pelayanan haji sudah terlaksana dengan baik, para
pegawai sangat patuh pada perintah atasan, disiplin waktu, sanggup
menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu dan mau menanggung
resiko terhadap pekerjaannya. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk
meningkatkan kinerja pegawai adalah pengawasan, penerapan standar
opersional pelayanan (SOP) dan menerapkan reward (penghargaan) serta
punishment (sanksi) kepada masing-masing pegawai. Diharapkan dengan
upaya-upaya yang telah ditarapkan tersebut, kinerja para pegawai dalam
pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kementerian Agama Kota padang
pada seksi pelayanan haji dapat berjalan secara optimal dan memberikan
pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:51
Last Modified: 24 Oct 2025 09:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27752

Actions (login required)

View Item
View Item