Meningkatkan Kemampuan Memasang Kaos Kaki melalui Teknik Reinforcement pada Anak Tunagrahita Sedang kelas D.IV: Penelitian Tindakan Kelas di SLB Nur Rachman Lubuk Alung

Remi, Nurseri (2012) Meningkatkan Kemampuan Memasang Kaos Kaki melalui Teknik Reinforcement pada Anak Tunagrahita Sedang kelas D.IV: Penelitian Tindakan Kelas di SLB Nur Rachman Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURSERI REMI_58489_2011.pdf] Text
final_B1_NURSERI REMI_58489_2011.pdf

Download (648kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi temuan di lapangan yakni pada kelas D.IVSLB nur Rachman Lubuk Alung yang di dalamnya ada dua orang anaktunagrahita sedang dan satu orang guru. Anak tunagrahita sedang tersebut belummemasang kaos kaki sendiri. Dari hasil wawancara, anak masih dibantu orang tuadalam memasang kaos kaki, padahal kemampuan motorik halus dan kasar anaktidak mengalami masalah. Oleh sebab itu pada penelitian ini bertujuan untuk: 1)mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran memasang kaos kaki melaluiteknik reinforcement dan 2) Membuktikan teknik reinforcement dapatmeningkatkan kemampuan memasang kaos kaki pada anak tunagrahita sedangkelas D.IV di SLB Nur Rachman Lubuk Alung.Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (classroom actionresearch) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat padadua orang subjek penelitian yaitu anak tunagrahita sedang kelas D.IV. Datadiperoleh melalui observasi dan tes. Kemudian dianalisis secara kualitatif yaitudengan uraian kata-kata terhadap proses pelaksanaan pembelajaran oleh guru dananak dan secara kuantitatif yaitu berupa grafik dari hasil belajar anak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran memasangkaos kaki dengan teknik reinforcement dilakukan dengan dua siklus. Siklus Idilakukan sembilan kali pertemuan yang diawali dengan kegiatan perencanaan,pelaksanaan dan kegiatan akhir. Sedangkan siklus II dilakukan empat kalipertemuan. 2) Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa: kemampuan awal anak(sebelum tindakan) Ag memperoleh (12,5%) dan Hn (6,25%). Pada siklus Ikemampuan memasang kaos kaki meningkat yakni: Ag (75%) dan Hn (56,25%).Sedangkan pada siklus II bertambah meningkat yakni: Ag kemampuannya(100%) dan Hn (87,5%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwateknik reinforcement dapat meningkatkan kemampuan memasang kaos kaki anaktunagrahita sedang kelas D.IV di SLB Nur Rachman Lubuk Alung . Dengandemikian, dapat disarankan sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk dapatmenggunakan tenik reinforcement dalam membelajarkan anak tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMASANG KAOS KAKI, ANAK TUNAGRAHITA SEDANG
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:50
Last Modified: 24 Oct 2025 09:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27750

Actions (login required)

View Item
View Item