Pengaruh Penggunaan Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Narasi Sugestif Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam

Wedia, Rita (2014) Pengaruh Penggunaan Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Narasi Sugestif Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RITA_WEDIA_12101_1378_2014.pdf] Text
final_B1_RITA_WEDIA_12101_1378_2014.pdf

Download (738kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan
keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Baso
Kabupaten Agam setelah penggunaan teknik mind mapping. Kedua,
mendeskripsikan keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas X.1 SMA
Negeri 1 Baso Kabupaten Agam sebelum penggunaan teknik mind mapping.
Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap
keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Baso
Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen semu (quasi eksperiment). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas
X.1 yang berjumlah 22 siswa. Data penelitian ini adalah skor hasil tes
keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Baso
Kabupaten Agam sesudah dan sebelum penggunaan teknik mind mapping. Hasil
tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk menganalisis
pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis narasi
sugestif siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam.
Hasil penelitian ini didapatkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, nilai
rata-rata keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas X.1 SMA Negeri 1
Baso setelah penggunaan teknik mind mapping tergolong baik (78,18). Kedua,
nilai rata-rata keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas X.1 SMA Negeri 1
Baso sebelum penggunaan teknik mind mapping tergolong lebih dari cukup
(67,50). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif
(H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dan dk = n1 + n2 – 2 karena thitung =
3,017 dan ttabel = 1,68 yaitu thitung > ttabel. Artinya nilai rata-rata siswa setelah
penggunaan teknik mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata
siswa sebelum penggunaan teknik mind mapping.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik
mind mapping berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis
narasi sugestif siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Baso Kabupaten Agam. Dengan
kata lain, keterampilan menulis narasi sugestif siswa kelas X.1 SMA Negeri 1
Baso Kabupaten Agam setelah penerapan teknik mind mapping lebih baik
daripada sebelum penerapan teknik mind mapping. Hal tersebut juga terbukti saat
proses pembelajaran setelah penerapan teknik mind mapping berlangsung,
kegiatan pembelajaran berlangsung tenang dan siswa lebih aktif dalam
mengerjakan tes yang diberikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:40
Last Modified: 24 Oct 2025 09:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27730

Actions (login required)

View Item
View Item