Oktaberita, Rita (2011) Pengaruh Penggunaan Media Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RITA_OKTABERITA_78944_1104_2011.pdf
Download (252kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa kegagalan seoarang
guru dalam menyampaikan materi ajar selalu bukan karena ia kurang mengusai
bahan, tetapi karena ia tidak tahu bagaimana cara penyampaikan materi pelajaran
tersebut dengan baik dan tepat sehingga siswa dapat belajar dengan suasana yang
menyenangkan dan juga mengasikan. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil
belajar siswa. Untuk itu, agar pembelajaran di sekolah dapat bervariasi banyak
model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Diantaranya
penggunaan media Picture and Picture. Melihat gejala tersebut maka dapat
dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah hasil belajar siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan penggunaan media Picture and picture lebih
tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran kovensional.
Pendekatan ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Batang Anai
yang berjumlah 305 0rang yang terdiri dari 8 kelas dan teknik pengambilan
sampelnya adalah purposive sampling, yaitu kelas X7 dan X8 masing-masing
berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis dengan alat
pengumpulan data yang digunakan adalah lembaran tes dan lembaran jawaban
siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan sumber data
adalah nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 76,38
dan rata-rata kelompok kontrol adalah 62,28. Sedangkan dari uji t-tes diperoleh t
hitung adalah 7,27. Dan t tabel adalah 2,00. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media Picture and Picture terhadap
hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri I Batang Anai pada taraf kepercayaan
95%. Penggunaan media Picture and Picture dalam pembelajaran Biologi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media Picture and Picture
diharapkan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya pada mata
pelajaran Biologi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 09:38 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 09:38 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27724 |
