Marianti, Rita (2011) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SDN 28 Purus Kec. Padang Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RITA_MARIANTI_07912_2011.pdf
Download (194kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti dan setelah melakukan wawancara
dengan guru kelas IV SD Negeri 28 Purus Kecamatan Padang Barat Kota Padang,
pembelajaran IPS belum menggunakan metode dalam pembelajaran, termasuk
metode problem solving. Hal ini menyebabkan peserta didik tidak dapat
menyelesaikan masalah yang dihadapinya, disamping itu minat dan hasil belajar
peserta didik menurun. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Subjek dalam
penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik di kelas IV SD Negeri 28 Purus
Kec. Padang Barat Kota Padang
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan pendakatan kuantitatif. Data penelitian ini
diperoleh dengan menggunakan pencatatan lapangan, lembaran observasi dan tes.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan terlihat adanya
peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes
awal yaitu 5,5 selanjutnya nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I
adalah 6,8 dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 8,3.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan juga terlihat adanya peningkatan
keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat
disimpulkan pada penelitian tindakan ini Peningkatan pembelajaran IPS dengan
metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas
IV SD.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 09:37 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 09:38 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27721 |
