Fatma, Rita (2011) Kontribusi Status Gizi terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN 28 Batang Anai Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RITA_FATMA_94828_2011.pdf
Download (462kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, diduga
salah satu faktor penyebabnya adalah rendahnya status gizi siswa. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk melihat hubungan dan kontribusi status gizi terhadap
hasil belajar siswa di SDN 28 Batang Anai Kecamatan Batang Anai Kabupaten
Padang Pariaman.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN 28 Batang Anai
Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman tahun ajaran 2010/2011
yang berjumlah 378 orang, teknik sampel yang digunakan purposive sampling
yaitu penarikan sampel dengan tujuan tujuan tertentu. Sehingga jumlah sampel
adalah sebanyak 38 orang. Pengumpulan data untuk status gizi yaitu dengan
mengukur berat badan, tinggi badan siswa dan hasil belajar berdasarkan hasil
lapor. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
korelasi product moment secara manual.
Hasil penelitian menyatakan terdapat hubungan yang berarti (signifikan)
antara status gizi terhadap hasil belajar yaitu, rhitung = 0.47 sedangkan rtabel = 0.32
dengan α= 0,05 berarti rhitung = (0.47) > rtabel = (0.32) sehingga Ha diterima dan Ho
ditolak, jadi kesimpulannya terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara
status gizi terhadap hasil belajar siswa di SDN 28 Batang Anai Kecamatan Batang
Anai Kabupaten Padang Pariaman. Sumbangan status gizi terhadap hasil belajar
adalah sebesar 22.09% dan77.91% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kesegaran
jasmani, kesehatan, intelegensi, perhatian, minat dan bakat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | S Sport |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 09:37 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 09:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27720 |
