Harmen, Merysa (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 01 Baringin Anam Baso. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MERYSA_HARMEN_09289_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
embelajaran IPS pada siswa SDN 01 Baringin Anam Kecamatan baso
Kabupaten Agam masih bersifat konvensional. Pembelajaran masih berpusat
kepada guru, sehingga membosankan bagi siswa. Untuk itu peneliti tertarik untuk
memperbaiki proses pembelajaran IPS khususnya pembelajaran peristiwa sekitar
proklamasi dan perjuangan mempertahankan kemerdekaan melalui Model
Cooperative Learning tipe Co-op Co-op. Model Cooperative Learning tipe Co-op
Co-op dirasakan mampu mengatasi persoalan yang ada. Pada peningkatan hasil
belajar peristiwa sekitar proklamasi dan perjuangan mempertahankan
kemerdekaan terdapat 9 langkah yaitu: 1) Diskusi kelas terpusat pada siswa, 2)
Menyeleksi tim pembelajaran siswa dan pembentukan tim, 3) Seleksi topik tim, 4)
Pemilihan topik kecil, 5) Persiapan topik kecil, 6) Presentase topik kecil, 7)
Persiapan presentasi tim, 8) Presentasi tim, dan 9) Evaluasi.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif
sederhana. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil
tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan diskusi. Sumber data
adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS melalui model Cooperative Learning
tipe Co-op Co-op di kelas V SDN 01 Baringin Anam Kecamatan Baso Kabupaten
Agam. Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas kelas V SDN 01 Baringin Anam
yang berjumlah sebanyak 22 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan
model analisis data. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1)
perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan. Pada siklus 1 sebagian siswa belum terbiasa dengan
menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op sehingga dilakukan
tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang langkah-langkah
model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op. Pada siklus II siswa sudah
terbiasa dengan pembelajaran model Cooperative Learning tipe Co-op Co-op,
sehingga aktivitas siswa meningkat, dari hasil observasi aktivitas siswa siklus 1
pertemuan I siswa tuntas 32% dengan nilai rata-rata 63 dan pada pertemuan II
siswa tuntas 50% dengan nilai rata-rata 69. Sedangkan untuk siklus II pada
pertemuan I siswa tuntas 73% dengan nilai rata-rata 73 dan pertemuan II siswa
tuntas 86% dengan nilai rata-rata 79. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Coop
Co-op dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS di kelas V SDN 01 Baringin Anam Kec. Baso Kabupaten
Agam
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 09:36 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 09:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27716 |
