Fitriani, Yunida (2011) Pengaruh Quis Lisan terhadap Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Sungai Limau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YUNIDA_FITRIANI_79579_5515_2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Hasil belajar sosiologi di SMAN 1 Sungai Limau, belum memuaskan,
indikasinya siswa belum mampu membangun dan mengembangkan
pengetahuan terhadap materi yang dipelajarinya sehingga siswa sedikit yang
mampu menginterprestasikan, memberi contoh dan menjelaskan dari materi
dengan fenomena yang ada di sekitarnya. Untuk mengatasi masalah di atas,
peneliti mencoba menggunakan metode pembelajaran dengan menberikan
quis lisan di dalam proses pembelajaran, yang pada dasarnya dapat
meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Quis Lisan Terhadap Hasil Belajar Dalam Mata
Pelajaran Sosiologi Di SMAN 1 Sungai Limau.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian
eksperimen, dengan desain penelitian Pretest Postest Control Group Desain.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sungai Limau,
Sampel dalam penelitian ini yaitu random sampling, kelas eksperimen adalah
kelas X6 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas X5.
Berdasarkan deskripsi dan analisis data yang telah dilakukan bahwa uji
t dilakukan Pada indikator menginterprestasi diperoleh thitung 3,23 dan ttabel
2,00, pada indikator mencontohkan diperoleh thitung 2,87 dan ttabel 2,00 pada
indikator menjelaskan diperoleh thitung 2,41 dan ttabel 2,00 berarti metode
pembelajaran dengan pemberian quis lisan di dalam proses pembelajaran
cocok digunakan pada konsep dasar materi. Hasil pengujian hipotesis terdapat
perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar sosiologi antara proses
pembelajaran dengan pemberian quis lisan di dalam proses pembelajaran
dengan proses pembelajaran yang tidak memberikan quis lisan di dalam
proses pembelajran yaitu sebesar 14,91 untuk kelas eksperimen dan 10,42
untuk kelas kontrol. Pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan uji t
sebesar ttabel 2,00 < thitung 3,30 Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
pemberian quis lisan di dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 09:36 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 09:36 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27714 |
