Febriana, Rita (2011) Pengembangan Bahan Ajar Modul Cetak Fisika Berwawasan Lingkungan di Kelas VIII Semester 1 SMPN 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RITA FEBRIANA-86255-2011.pdf [thumbnail of final_B1_RITA FEBRIANA-86255-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_RITA FEBRIANA-86255-2011.pdf
Download (167kB)
Abstract
Modul cetak fisika berwawasan lingkungan merupakan salah satu sumber
bahan ajar yang materinya menyangkut keseharian siswa dilingkungannya.
Modul cetak ini merupakan suatu bahan ajar yang materinya bisa sebagai solusi
dari anggapan bahwa pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang
menakutkan, rumit, dianggap sulit, dan hanya berisikan kumpulan rumus-rumus.
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan deskripsi desain
produk modul cetak berwawasan lingkungan dan menghasilkan bahan ajar
dalam bentuk modul cetak yang valid, praktis, dan efektif.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development
(R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen before-after
yang diterapkan pada objek penelitian. Sebagai objek penelitian ada dua yaitu
modul cetak fisika berwawasan lingkungan dan siswa kelas VIII SMP N 2 Kota
Solok yang berjumlah 25 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan
menurut guru sebagai praktisi, lembar keterlaksanaan modul dalam
pembelajaran, dan tes hasil belajar. Teknik analisis produk dan data yang
digunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis deskriptif, dan
analisis perbandingan berkorelasi.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil
penelitian. Pertama, modul cetak fisika berwawasan lingkungan memiliki
validitas tinggi dengan rata-rata dari tenaga ahli 82,58. Kedua, penggunaan
modul cetak fisika berwawasan lingkungan adalah praktis dengan nilai
kepraktisan menurut tanggapan guru 90,06, dan observasi keterlaksanaan dalam
pembelajaran rata-rata nilai kepraktisan adalah 87,48. Ketiga, penggunaan
modul cetak fisika berwawasan lingkungan dalam implementasi pembelajaran
menurut KTSP adalah efektif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar
Fisika siswa secara berarti.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 | 
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP | 
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 08:27 | 
| Last Modified: | 24 Oct 2025 08:27 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27710 | 
 
         