Meningkatkan Hasil Belajar Jaring-Jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Konstruktivisme Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Sungai Tanang Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.

Ariani, Rita (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Jaring-Jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Konstruktivisme Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Sungai Tanang Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RITA ARIANI_50560_2011.pdf] Text
final_B1_RITA ARIANI_50560_2011.pdf

Download (201kB)

Abstract

Permasalahan yang sering di temui dilapangan adalah nilai belajar
matematika sangat rendah. Selama ini pembelajaran lebih terpusat pada guru,
dimana guru mendominasi kegiatan pembelajaran mengakibatkan siswa menjadi
pasif. Dengan pengajaran seperti ini pengetahuanyang di berikan tidak bertahan
lama, siswa mudah lupa siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses belajar
mengajar, sehingga hasil belajar siswa rendah dan tidak sesuai dengan yang di
harapkan. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti tertarik
untuk menggunakan pendekatan konstruktivisme. Selama proses pembelajaran
siswa membangun sendiri pengetahuannya melalui keterlibatan aktif dalam proses
pembelajaran dan siswa menjadi pusat kegiatan, sedangkan guru hanya sebagai
fasilitator. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendiskripsikan
bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dengan
menggunakan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran jaring-jaring balok
dan kubus.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research),
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini
meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini di
laksanakan dalam dua siklus, dilakukan bekerjasama antara peneliti bersama
observer (teman sejawat). Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil
tindakan yang di peroleh dari hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa, serta
hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02
Sungai Tanang yang berjumlah 27 orang.
Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 51,
siklus I pertemuan kedua adalah 58. Dan pada siklus II meningkat menjadi 70.
Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar dan keaktifan
siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulakan bahwa dengan
menggunakan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran matematika dapat
meningkatkan hasil siswa dalam materi jaring-jaring balok dan kubus.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:27
Last Modified: 24 Oct 2025 08:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27709

Actions (login required)

View Item
View Item