Pengaruh Penggunaan Sumber Belajar Berbantuan Website Dalam Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Padang

Handayani, Risya (2011) Pengaruh Penggunaan Sumber Belajar Berbantuan Website Dalam Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RISYA HANDAYANI-77494-2011.pdf] Text
final_B1_RISYA HANDAYANI-77494-2011.pdf

Download (120kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar fisika siswa merupakan indikasi dari rendahnya
pemahaman siswa terhadap konsep-konsep fisika yang harus dikuasai. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar berbantuan
website dalam pembelajaran kooperatif model snowball throwing terhadap hasil
belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Padang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental Research) dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control
Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas
X di SMAN 2 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011.
Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik Cluster Sampling. Instrumen
penelitian yang di pergunakan untuk mengambil data kognitif berupa tes objektif,
lembar observasi pada ranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis hasil belajar
yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t pada taraf nyata
0,05 untuk ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
Hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh, pada kelas eksperimen
75,16 dan kelas kontrol 62,90. Dengan analisis uji t diperoleh thitung= 5,60 lebih
besar dari ttabel(0,95)(62)=1,665 pada taraf nyata 0,05, dengan demikian hipotesis
kerja diterima. Hasil belajar siswa ranah afektif, di kelas eksperimen 75,32 dan di
kelas kontrol 62,96. Dengan analisis uji t’ diperoleh t’hitung= 7,55 lebih besar dari
ttabel=1,665, dengan demikian hipotesis kerja diterima. Sedangkan hasil belajar
pada ranah psikomotor, di kelas eksperimen 75,45 dan di kelas kontrol 71,44.
Dengan analisis uji t diperoleh thitung= 2,30 lebih besar dari ttabel=1,665, dengan
demikian hipotesis kerja diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan sumber
belajar berbantuan website dalam pembelajaran kooperatif model snowball
throwing memberi pengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2
Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:26
Last Modified: 24 Oct 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27704

Actions (login required)

View Item
View Item