Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMPN 3 Batusangkar

Saraswati, Saraswati (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMPN 3 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_SASRAWATI_17574_4062_2014.pdf] Text
B1_01_SASRAWATI_17574_4062_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan menggunakan model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan model pembelajaran
konvensional/ceramah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMPN 3 Batusangkar. Manfaat
penelitian ini adalah mendorong guru IPS berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran
yang tepat untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efesien dalam meningkatkan hasil
belajar siswa
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi Eksprimen. Populasi dari penelitan ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Batusangkar. Teknik pengambilan sampel adalah
Cluster sampling yaitu teknik pengumpulan sampel dengan mengambil sampel kelompokkelompok
tertentu
yang
memiliki
ciri-ciri
tertentu.
Dalam
penelitian
ini
penentuan
kelas
sampel

dengan
mengambil
kelompok
sampel
yang
memiliki
ciri-ciri
yang
sama
dan
mempertimbangkan

hasil
belajar
siswa
Jenis
data
yang
digunakan
adalah
data
primer
yaitu
hasil
tes
awal
dan
hasil
tes

akhir,
kemudian
data
dianalisis
dengan
menggnakan
uji
perbedaan
(t-test)
dengan
α
=
0,05.

Hasil

penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar tes akhir sebesar 88,75
untuk kelas Eksprimen dan 75 untuk kelas Kontrol. Sedangkan dari uji t-test diperoleh t hitung
adalah 5,359 dan t tabel adalah 2,021. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan model
pembelajaran konvensional/ceramah terhadap hasil belajar IPS di SMPN 3 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: G Geography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:23
Last Modified: 24 Oct 2025 08:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27699

Actions (login required)

View Item
View Item