Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh

Putri, Ristia Nelson (2014) Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RISTIA_YELSON_PUTRI_54469_1135_2014.pdf] Text
final_B1_RISTIA_YELSON_PUTRI_54469_1135_2014.pdf

Download (593kB)

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan dan
menganalisis penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh.
Kedua, mendeskripsikan dan menganalisis keterampilan menulis narasi
ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh, dan Ketiga,
mendeskripsikan dan menganalisis hubungan penguasaan kosakata dengan
keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 3
Payakumbuh.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Tergolong kuantitatif
karena data yang diolah menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data,
penafsiran data,dan penampilan hasilnya. Metode yang digunakan adalah metode
analisis. Metode ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penguasaan kosakata
dengan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 3
Payakumbuh. Desain yang digunakan adalah desain korelasional. Desain
korelasional bertujuan untuk menganalisis hubungan penguasaan kosakata
dengan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh
tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 220 siswa dengan jumlah sampel berjumlah 44
orang yang dipilih melalui teknik random sampling. Pendekatan yang digunakan
adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui 2
tes yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk
mengumpulkan data penguasaan kosakata, sedangkan tes unjuk kerja digunakan
untuk mengumpulkan data keterampilan menulis narasi ekspositoris.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut ini. Pertama,
penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh berada pada
kualifikasi lebih dari cukup (74,09). Kedua, keterampilan menulis narasi
ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh berada pada kualifikasi
baik (79,27). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan
kosakata dengan keterampilan menulis narasi ekspositoris siswa kelas VII SMP
Negeri 3 Payakumbuh pada taraf signifikansi 95% dengan derajat kebebasan n-2
(44-2=42). Dengan demikian, H0 dalam penelitian ini ditolak, sedangkan H1
diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel
yaitu 2,21 lebih besar dari 2,01.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:22
Last Modified: 24 Oct 2025 08:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27686

Actions (login required)

View Item
View Item