Penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas V SD Negeri 33 Salimpaung Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar .

Rismanidar, Rismanidar (2011) Penggunaan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas V SD Negeri 33 Salimpaung Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar . Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Rismanidar_50813_2011.pdf] Text
final_B1_Rismanidar_50813_2011.pdf

Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas V SD Negeri 33 Salimpaung
bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan model
pembelajaran konvensional, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran
(teaching centered) sehingga hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan yang
diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang
menjadikan siswa pusat pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian ini
bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn di kelas sehingga dapat
meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri 33 Salimpaung Kecamatan
Salimpaung Kabupaten Tanah Datar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, tes, dan
lembar pengamatan. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model
pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang
beranggotakan 5 atau 6 orang siswa. Model pembelajaran ini dilakukan melalui
tujuh tahap, dimulai dari penyajian materi oleh guru, kegiatan belajar kelompok,
pemeriksaan terhadap hasil kerja kelompok, mengerjakan tes secara individu,
pemeriksaan hasil tes, dan penghargaan kelompok. Penelitian ini dilakukan pada
semester II tahun 2010/2011. Subjek penelitian diadakan dikelas V SDN 33
Salimpaung Kec. Salimpaung, Kab. Tanah Datar. Jumlah siswa 27 orang,
penelitian ini diadakan 2 siklus. Siklus pertama diadakan tgl 27 Januari 2011 dan
siklus 2 pada tgl 14 januari 2011. Prosedur penelitian dilakukakn 5 tahap : 1. Studi
pendahuluan, 2. Perencanaan, 3. Pelaksanaan, 4. Pengamatan, 5. Refleksi.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa
di kelas V SD Negeri 33 Salimpaung Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah
Datar. Dari hasil belajar siswa yang dilakukan pada penilaian proses pada siklus 1
aspek kognitif diperoleh nilai 62,0 serta pada aspek psikomotor 64,0, RPP 79,
pengamatan guru 82, pengamatan siswa 71, sedangkan pada siklus II aspek
kognitif diperoleh nilai 81, aspek afekti 86, aspek psikomotor 86, penilaian RPP
82, pengamatan guru 84, pengamatan siswa 82. Pada penilaian kognitif terjadi
peningkatan hasil belajar siswa dari 62 menjadi 81, meningkat sebanyak 19%.
Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa
kelas V SDN 33 Salimpaung Kec. Salimpaung, Kab. Tanah Datar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Oct 2025 08:08
Last Modified: 24 Oct 2025 08:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27670

Actions (login required)

View Item
View Item