Asril, Yefri (2011) Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Rambatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YEFRI_ASRIL_78896_2011.pdf
Download (539kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari sekolah, yang terlihat beberapa fenomena yang
terjadi dalam pembelajaran Teknologi Informasi Komunikasi yang dikelola oleh guru
yang berlatar belakang jurusan Ekonomi dan Geografi. Dalam kegiatan pembelajaran
guru lebih banyak mengandalkan metode ceramah dan berpedoman pada buku
sumber saja. Dalam pemberian materi kepada siswa guru kurang memamfaatkan
media yang ada di sekolah untuk menunjang proses belajar mengajar. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat kontribusi persepsi siswa terhadap mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Rambatan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat
deskriptif, Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode korelasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa SMA Negeri 1 Rambatan yang
berjumlah 320 orang. Sedangkan sampel berjumlah 76 responden yang diambil
dengan teknik ” Stratified proportional random sampling”. Data dikumpulkan dengan
menggunakan instrumen berupa angket dan melalui Dokumentasi. Pengolahan data
dilakukan dengan teknik korelasi dan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Persepsi siswa tentang mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi berkontribusi secara signifikan terhadap hasil
belajar siswa SMA Negeri 1 rambatan. Kontribusi yang dihasilkan antara persepsi
siswa tentang mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan hasil
belajar sebesar 20,3%. Berikutnya dilakukan analisis regresi sederhana untuk
mengetahui besarnya hubungan ini, dan diperoleh > . Ini menunjukan
adanya hubungan positif antara persepsi siswa tentang mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi dengan hasil belajarnya, semakin tinggi persepsi siswa
tentang mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi semakin tinggi pula
hasil belajarnya
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 01:37 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 01:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27658 |
