Gunawan, Yeffi Hendra (2012) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Menggunakan Kartu Indeks Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pancung Soal Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YEFFI HENDRA GUNAWAN.pdf [thumbnail of final_B1_YEFFI HENDRA GUNAWAN.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_YEFFI HENDRA GUNAWAN.pdf
Download (322kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa umumnya siswa
memandang pelajaran fisika kurang menyenangkan. Hal ini terjadi karena siswa
tidak dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran dan rendahnya motivasi belajar
siswa. Oleh sebab itu perlu model pembelajaran yang mampu meningkatkan
aktifitas belajar siswa agar pembelajaran lebih menyenangkan sehingga hasil
belajar fisika siswa meningkat. Model pembelajaran yang diterapkan adalah
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament menggunakan kartu
indeks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament Menggunakan Kartu
Indeks.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMPN 1 Pancung Soal Pesisir
Selatan yang terdaftar tahun ajaran 2011/2012. Kelas sampel ditentukan melalui
teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data penelitian berupa tes
tertulis untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif. Teknik
analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah
kogntif, sedangkan ranah afektif melalui interpretasi data yang ditampilkan dalam
grafik secara kualitatif dan menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05.
Hasil analisis data dari penelitian ini adalah; pertama, terdapat perbedaan
nilai rata-rata siswa pada ranah kognitif untuk kelas eksperimen sebesar 70,12 dan
kelas kontrol sebesar 67,74. Pada ranah kognitif H0 diterima dan Hi ditolak, berarti
tidak terdapat pengaruh yang berarti dari penerapan pembelajaran Kooperatif tipe
Teams Games Tournament menggunakan kartu indeks terhadap hasil belajar
fisika siswa pada ranah kognitif. Kedua, terdapat perbedaan nilai rata-rata siswa
pada ranah afektif untuk kelas eksperimen sebesar 72,19 dan kelas kontrol sebesar
67,68. Pada ranah afektif H0 ditolak dan Hi diterima, berarti terdapat pengaruh
yang berarti dari penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games
Tournament menggunakan kartu indeks terhadap hasil belajar fisika siswa pada
ranah afektif.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 | 
| Depositing User: | Risna Juita S.IP | 
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 01:36 | 
| Last Modified: | 24 Oct 2025 01:36 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27653 | 
 
         