Saputra, Yogi (2011) Pengaruh Strategi Memilah dan Memilih Kartu (Card Sort) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA N 1 Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YOGI_SAPUTRA_68109_459_2011.pdf
Download (221kB)
Abstract
Dalam pembelajaran sejarah guru tidak menggunakan metode yang bervariasi, guru hanya memberikan pelajaran bersifat penyampaian imformasi, sehingga anak tidak mampu memahami konsep materi pelajaran sejarah yang mereka pelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Memilah dan Memilih Kartu (Card Sort) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep materi pelajaran sejarah di kelas XI IPS3 SMA N 1Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru sejarah terutama di SMA N 1 Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep, sehingga tujuan pembelajaran sejarah dapat tercapai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk eksperimen. Dalam hal ini data diperoleh melalui Eksperimen pada siswa SMA N 1 Kapur IX Kabupaten Lima Kota. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Kapur IX Kabupaten Lima Kota, yang berjumlah 100 orang (tiga lokal). Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan Random kelompok dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar sejarah yang sama. Sampel diambil sebanyak 2 kelas, satu untuk kelas eksperimen dan satu lagi untuk kelas kontrol, yaitu kelas IX IPS 3 untuk kelas Eksperimen dan kelas IPS 1 untuk kelas Kontrol. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil belajar kelas Eksperimen lebih tinggi dari kelas Kontrol. Ini terlihat dari perbedaan nilai rata-rata pretest dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 13,64 dan perbedaan nilai rata- rata pretest dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 3,69. Dengan demikian peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari hasil belajar kelas kontrol. Jika dibandingkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dalam memahami konsep dengan kelas kontrol maka kelas eksperimen juga lebih besar. Ini terlihat dari perbedaan nilai rata-rata pretest dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 7,03 dan perbedaan nilai rata-rata pretest dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 1,76. Dengan demikian peningkatan hasil belajar dalam memahami konsep kelas eksperimen lebih besar dari hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi memilih dan memilah kartu (Card Sort) terhadap pemahaman siswa dalam memahami konsep pada meteri pelajaran sejarah kelas IX IPS 3 SMA N 1 Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | STRATEGI MEMILAH DAN MEMILIH KARTU, HASIL BELAJAR SISWA |
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 01:35 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 01:35 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27643 |
