Silvia, Rinny (2011) Efektivitas Pembelajaran Model Inkuiri Jurisprudensial Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI SMA N 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RINNY_SILVIA_72254_1028_2011.pdf
Download (668kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan yang ditemukan di sekolah bahwa 
para guru masih kurang memperhatikan cara dan proses mengajar yang baik.
Mereka masih kurang memanfaatkan bahkan tidak sama sekali model 
pembelajaran yang telah ada. Hal ini dilatar belakangi oleh cara pandang guru 
yang sampai saat ini masih menganggap metode klasikal/ceramah merupakan
metode yang paling baik dan praktis untuk digunakan. Tentu saja proses
pembelajaran dengan cara yang seperti itu sangat tidak memuaskan dan tidak
sesuai dengan perkembangan IPTEK pada saat sekarang ini. Dampak negatif yang
sangat nyata dari metode ceramah yaitu proses pembelajaran tidak efektif. Padahal
pada era globalisasi saat sekarang ini lebih mementingkan life skills yang tinggi
dan menghasilkan sebuah kinerja (performance) yang berkualitas. Karena untuk
menjawab tantangan tersebut tentu saja pendidikan secara manual sudah tidak bisa
lagi diandalkan. Karena itu penulis tertarik melakukan penelitian yang bertujuan
untuk mengetahui ke efektivan Pembelajaran Model Inkuiri Jurisprudensial
terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa XI di SMA N 1
Kubung Kabupaten Solok. 
Pendekatan  adalah penelitian yang digunakan kuantitatif dalam bentuk
Quasy Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N I
Kubung Kabupaten Solok yang terdaftar tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 8
kelompok belajar yang terdiri dari 251 orang, dengan pengambilan sampel yang
dilakukan dengan cara purposive sumpling, yaitu siswa kelas XI IPA
dan siswa
kelas XI IPA
 Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder, dengan sumber data seluruh siswa SMA N I Kubung Kabupaten Solok 
2.
yang terdaftar tahun ajaran 2010/2011. Alat pengumpulan data dilakukan dengan
tes, dan alat pengumpulan data yaitu perangkat tes yang berupa soal tes dan 
lembaran jawaban hasil tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
analisis perbedaan dua rata-rata menggunakan uji-t. 
 Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,22 
dan nilai rata-rata kelompok Kontrol adalah 57,54. Berdasarkan t-test diperoleh t
hitung 9,679 (9,679 > 2,660). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 
penggunaan Pembelajaran Model Inkuiri Jurisprudensial efektif terhadap hasil
belajar siswa dan dapat pula meningkatkan aktifitas belajar siswa secara mandiri 
pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas XI SMA N 1 Kubung
Kabupaten Solok.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 | 
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP | 
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 01:33 | 
| Last Modified: | 25 Oct 2025 00:52 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27640 | 
         